Selasa, 25 November 2014

Aplikasi New Media Untuk Media Pembelajaran

APLIKASI NEW MEDIA UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN


·         E-Learning ( Pendidikan ) :
Penggunaan e-learning seperti motivasi tetap menggunakan dalam kegiatan sehari-hari (seperti mengerjakan tugas, download materi pembelajaran, tes on-line dan lain-lain), penambahan software pendukung (seperti search engine, blog, dan lain-lain), maupun memotivasi ke pengguna lain ( agar mau menggunakan e-learning) sangat dipengaruhi oleh kemudahan penggunaan dan manfaat yang akan didapatnya. Kecenderungan perilaku untuk tetap menggunakan suatu teknologi dinyatakan oleh Davis F.D. (1989) dalam Fathul Wahid (2007).

·         Fitur E-learning
E-learning memiliki fitur-fitur sebagai berikut (Clark & Mayer, 2008, p. 10):
1.     Konten yang relevan dengan tujuan belajar
2.     Menggunakan metode instruksional seperti contoh dan praktek untuk membantu belajar.
3.     Menggunakan elemen media seperti kalimat dan gambar untuk mendistribusikan konten dan metode belajar.
4.     Pembelajaran dapat secara langsung dengan instruktur (synchronous) ataupun belajar secara individu (asynchronous).
5.     Membangun wawasan dan teknik baru yang dihubungkan dengan tujuan belajar.

Kelebihan e-Learning.
Dalam bentuk beragam, e-Learning menawarkan sejumlah besar keuntungan yang tidak ternilai untuk pengajar dan pelajar.
1.     Pengalaman pribadi dalam belajar : pilihan untuk mandiri dalam belajar menjadikan siswa untuk berusaha melangkah maju, memilih sendiri peralatan yang digunakan untuk penyampaian belajar mengajar, mengumpulkan bahan-bahan sesuai dengan kebutuhan.
2.     Mengurangi biaya : lembaga penyelenggara e-Learning dapat mengurangi bahkan menghilangkan biaya perjalanan untuk pelatihan, menghilangkan biaya pembangunan sebuah kelas dan mengurangi waktu yang dihabiskan oleh pelajar untuk pergi ke sekolah.
3.     Mudah dicapai: pemakai dapat dengan mudah menggunakan aplikasi e-Learning dimanapun juga selama mereka terhubung ke internet. e-Learning dapat dicapai oleh para pemakai dan para pelajar tanpa dibatasi oleh jarak, tempat dan waktu. Kemampuan bertanggung jawab : Kenaikan tingkat, pengujian, penilaian, dan pengesahan dapat diikuti secara otomatis sehingga semua peserta (pelajar, pengembang dan pemilik) dapat bertanggung jawab terhadap kewajiban mereka masing- masing di dalam proses belajar mengajar.

Kekurangan e-Learning.
Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh pemanfaatan e-Learning:
1.     Kurangnya interaksi antara pengajar dan pelajar atau bahkan antar pelajar itu sendiri. Kurangnya interaksi ini bisa memperlambat terbentuknya values dalam proses belajar mengajar.Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya mendorong tumbuhnya aspek bisnis/komersial.
2.     Proses belajar mengajar cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan. c)
3.     Berubahnya peran pengajar dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan ICT (Information, Communication and Technology). Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet ( mungkin hal ini berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon ataupun komputer).
4.     Kurangnya mereka yang mengetahui dan memiliki keterampilan tentang internet.
5.     Kurangnya penguasaan bahasa komputer.


Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar